nissan-technology1TOKYO– Nissan Motor Corp. (Nismo) kemaren ( 23/10/2008) mengumumkan akan memulai tes skala luas sistem transportasi pintar atau ITS (intelligent transport system) yang terintegrasi dengan komunikasi selular dan telematik kendaraan. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan, yaitu tabrakan antara mobil dengan pejalan kaki.

Uji coba akan dilaksanakan di Atsugi, perfektur Kanagawa selama dua bulan mulai dari 1 November sampai 27 Desember mendatang. Dijelaskan, uji coba menyertakan masyarakat dalam jumlah cukup besar, yaitu 500 pejalan kaki dan 200 pengemudi.

Untuk ini, Nismo bekerjasama dengan NTT DoCoMo Inc, operator telepon selular terbesar di Jepang. Peserta uji coba akan menggunakan pesawat HP khusus yang kompatibel dengan sistem navigasi Nissan. Meski begitu, cara penggunaannya sama seperti HP umumnya. Kelebihan HP khusus ini, dapat berkomunikasi dengan sistem informasi di sekitarnya.

Sebenarnya Nissan telah melakukan uji coba ITS pada April 2007. Peningkatan uji coba dilakukan agar sistem segera dapat dikomersialkan.

Cara kerja
Ketika kendaraan meluncur di sekitar daerah perumahan atau padat penduduk, dan terdapat banyak persimpangan yang tidak bisa dilihat, pengemudi akan diingatkan bahwa ada pejalan sedang berada di sudut jalan. Pesan disampaikan melalui suara dan juga tayanan melalui layar sistem navigasi.

Sistem bekerja dengan server informasi yang selalu mendeteksi data dari GPS (global positioning system) untuk diteruskkan ke telepon selular yang dibawa pejalan kaki. Lantas dikirim kembali ke sistem navigasi kendaraan untuk mengaktifkan peringatan. Dengan cara ini, pengemudi selanjutnya akan lebih waspada mengendarai mobilny